KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN TOTAL QUALITY SERVICES BERBASIS ELEKTRONIK TERHADAP INDEKS KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Mujtahiddin Assyiddiecky Mahasiswa
  • Hesty Prima Rini UPN Veteran Jawa Timur

Keywords:

Administrasi Kependudukan, Kesadaran Masyarakat, Total Quality Services

Abstract

Pelayanan publik merupakan hal penting yang impelementasinya harus diperhatikan secara khusus. Pelayanan terkait administrasi kependudukan merupakan salah satu jenis pelayanan publik yang menjadi tolok ukur keberhasilan suatu pemerintahan regional. Untuk memberikan optimalisasi terkait hal tersebut, maka suatu pelayanan sudah seharusnya memberikan hasil yang memuaskan. Secara khusus, sistem yang diberlakukan adalah efisiensi dengan pola Total Quality Services menggunakan Klampid New Generation dan Kalimasada sebagai perantara. Kuantitas pelayanan dan Indeks Kepuasan Masyarakat menjadi parameter keberhasilan nantinya. Pada penerapannya, efisiensi akan menggunakan mediator gabungan baik secara elektronik maupun non-elektronik. Hal ini dimaksudkan untuk membenahi suatu pola pikir yang berkembang terkait penerapan sistem yang terpaut rentang waktu tidak optimal jika digunakan secara beriringan. Untuk menerapkan hal tersebut dibutuhkan suatu sampel di wilayah tertentu untuk menguji perencanaan agar dapat optimal juka diterapkan secara menyeluruh. Dalam penerapannya terkadang dijumpai perlakuan yang tidak jauh berbeda antara wilayah rintisan dan bukan wilayah rintisan. Bukan merupakan hal yang salah, tetapi predikat wilayah rintisan diberikan bukan tanpa alasan. Diharapkan keaktifan penuh yang menjadi stimulus untuk menumbuhkan kesadaran bagi warga untuk melengkapi dokumen kependudukannya. Kesadaran inilah yang nantinya menjadi input utama bagi keberhasilan program pembentukan suatu wilayah dengan kesadaran administrasi kependudukan yang tinggi. Kelengkapan dokumen kependudukan juga memudahkan seluruh lapisan pemerintahan untuk memetakan dan mengidentifikasi seluruh aspek yang berhubungan dengan masyarakat di wilayahnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Mujtahiddin Assyiddiecky, & Rini, H. P. . (2025). KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MENGGUNAKAN TOTAL QUALITY SERVICES BERBASIS ELEKTRONIK TERHADAP INDEKS KEPUASAN KONSUMEN. JABN, 5(1), 20–32. Retrieved from https://jabn.upnjatim.ac.id/index.php/jabn/article/view/123

Issue

Section

Articles