POSISI BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA KEDUA DAN PEMBUATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BAGI SISWA SMP/MTS SE KOTA BLITAR
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang dipakai sebagai alat komunikasi di berbagai Negara di dunia. Negara-Negara yang menempatkan bahasa Inggris sebagai “mother tongue” atau bahasa pertama adalah mereka yang menguasai perdagangan, komunikasi, hokum, dan perekonomian internasional seperti Inggris, Amerika, Australia. Negara-negara lain seperti Belanda, Prancis, Jerman, Italia meskipun bahasa pertama bukan bahasa Inggris tetapi mereka menempatkan bahasa Iggris dalam kurikulum pendidikan. Melihat fenomena tersebut peneliti mengadakan workshop diskusi tentang posisi bahasa Inggris di Indonesia dan melatih para guru untuk membuat lembar kerja peserta didik. Hal tersebut bertujuan agar pengelolaan pengajaran bahasa Inggris menjadi lebih tertata dan terprogram. Tujuannya adalah agar guru dapat memahami tentang posisi bahasa Inggris sebagaibahasa kedua dan pembuatan LKPD. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dianalisis secara kualitatif. Dari hasil workshop ternyata diketahui bahwa guru dan pendidik ternyata masih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing.