MANAGEMENT BRANDING PRODUCT SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN DAYA SAING UMKM DI KELURAHAN DUKUH SUTOREJO
Abstract
Tidak sedikit UMKM yang dinilai belum berkembang dengan optimal, yang mana salah satunya disebabkan karena lemahnya kemampuan dalam memanajemen usaha. Permasalahan ini juga dirasakan oleh sebagian pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, dimana produk yang dihasilkan belum memiliki merek dan belum menerapkan sistem pemasaran produk secara online. Atas dasar hal tersebut melalui kegiatan KKN Tematik Bela Negara sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat bermaksud untuk mengatasi semua persoalan para pelaku UMKM diantaranya melalui kreasi pembuatan logo untuk merek dari produk yang dihasilkan, terutama UMKM Terampil serta melakukan pendampingan secara intensif kepada pelaku UMKM agar dapat terhubung dengan marketplace online. Kegiatan pengabdian diawali dengan proses pembuatan, pencetakan dan penyematan merek di dalam kemasan produk sebagai identitas sekaligus strategi branding produk milik mitra. Kemudian kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan memperbaiki pola pemasaran mitra dari sistem word of mouth menjadi sistem pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial maupun platform digital sebagai marketplace online. Aplikasi Shopee dan media sosial Instragram dipilih sebagai media pemasaran dengan mengaplikasikan konten yang menarik dan informatif serta penggunaan hastag yang tepat sehingga menjadi strategi branding produk yang diharapkan kedepannya dapat menaikkan popularitas brand kemudian berimplikasi pada peningkatan intensitas penjualan produk.