PELATIHAN CREATIVE BRANDING KEPADA UMKM PENGOLAH KOPI DI DESA SUKOREJO, KABUPATEN BONDOWOSO
Abstract
Desa Sukorejo, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso memiliki produk unggulan yaitu kopi Bondowoso yang menjadi salah satu potensi dan penopang perekonomian desa tersebut. Pemasaran produk kopi Bondowoso kebanyakan masih dilakukan dengan cara word of mouth melalui interaksi tatap muka dan aplikasi perpesanan seperti halnya WhatsApp. Pemanfaatan media sosial seperti halnya Instagram telah dilakukan oleh para pelaku UMKM pengolah kopi, hanya saja menggunakan akun pribadi masing-masing pemilik UMKM. Hal ini menjadi salah satu perhatian bagi program KKN Bina Desa yang diselenggarakan prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur untuk mengambil bagian dalam memaksimalkan potensi Desa Sukorejo. Salah satunya dengan melakukan pelatihan “UMKM Tangguh & Inovatif Di Era Digital” dengan salah satu materinya yang mengangkat creative branding dipilih untuk memberikan wawasan kepada para pelaku UMKM pengolah kopi di Desa Sukorejo terkait creative branding. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara jangka panjang kepada para pelaku UMKM pengolah kopi yang menjadi sasaran supaya mereka dapat lebih memahami pentingnya branding terhadap merek dan produk yang dimiliki.