ADAPTASI UMKM SELAMA PANDEMI: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DUKUH PAKIS
Abstract
Mitra Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibawah binaan Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya. Pandemi COVID-19 merubah jalannya pemasaran bagi UMKM yang terbiasa dengan penjualan langsung tentu harus merubah cara berjualan karena adanya social distancing dan pembatasan berskala besar yang tidak memungkinkan adanya kegiatan jual beli secara langsung. Sebagai bentuk adaptasi untuk tetap bertahan di masa pandemi adalah dengan beralih pada penjualan online baik melalui sosial media, e-commerce maupun aplikasi online. Untuk itu program pengabdian masyarakat ini dibuat untuk memberikan wawasan mengenai digital marketing. Materi pelatihan terdiri dari content marketing, brand image, dan digital service excellence. Selain itu, pelaku UMKM juga akan mendapatkan bekal mengenai pengetahuan awal tentang Google Business dan foto produk. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu penelusuran permasalahan, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi. Metode ceramah berupa materi dilengkapi dengan pendampingan dalam praktik membuat konten melalui aplikasi dan foto produk. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan ini telah menambah pengetahuan pelaku UMKM, meningkatkan keterampilan dalam membuat foto produk sederhana, keterampilan memproduksi konten sosial media dan pembuatan e-commerce sehingga para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara lebih luas.