PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA USAHA UD MORODADI
Abstract
Di era pasca pandemi Covid-19,perekonomian indonesia perlahan telah pulih namun masih dalam keadaan yang belum stabil. Kondisi ini berdampak pada salah satu industri sektor bahan konstruksi yakni salah satunya adalah UD Morodadi. Keadaan ini semakin diperparah dengan bertambah ketatnya persaingan usaha pada industri bahan konstruksi karena semakin banyaknya produsen yang bergerak dalam sektor yang sama masuk ke dalam pasar. Selain terkena dampak dari luar, terdapat juga permasalahan internal berupa penurunan performa usaha dan besarnya biaya produksi. Dengan melihat permasalahan tersebut, kami melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan pada UD Morodadi pada tanggal 01-27 Oktober 2023 yang dilakukan secara offline maupun online dengan beberapa rangkaian, di antaranya Identifikasi permasalahan, analisis mendalam dan perencanaan, pengimplementasian solusi atau rencana, memberikan pelatihan dan arahan, serta monitoring dan evaluasi berkala. Setelah kami melakukan indentifikasi permasalahan, terdapat beberapa masalah prioritas yakni persaingan yang meningkat dan penurunan performa pasca-pergantian kepemimpinan. Untuk mengatasi masalah ini, pihak instansi menerima solusi berupa pembuatan video profil bisnis dan website resmi, serta pelatihan pemasaran digital. Setelah implementasi solusi, langkah berikutnya adalah melakukan monitoring dan evaluasi yang sistematis. Hal ini dilakukan untuk memantau dampak program, termasuk peningkatan penjualan. Proses ini penting untuk memahami keberhasilan program dan mengidentifikasi area perbaikan, sambil memastikan bahwa inisiatif pemasaran digital berkelanjutan.